Mari Berkarya, Mari Bercerita


Berkarya untuk kehidupan. Bercerita untuk menghidupkan



CL: "Jadi orang harus out of the bex."
Au: "Out of the boooxxx.... bukan out of the bex."
CL: "Iya out of the bex..."
Au: "Out of the boxxxx!!!!!"
CL: "Loh, karena saya ini orangnya out of the box, makanya saya nyebutnya out of the bex."


Kira-kira begitulah humor dari salah satu komedian favorit saya: Cak Lontong ketika bercerita tentang Out Of the Box.


Apa sih Out of The Box itu?




Kalau kita ibaratkan adat dan kebiasaan lazim orang-orang sebagai sebuah box maka out of the box adalah menyelisihi kebiasaan lazim tersebut. Istilah lainnya anti-mainstream.


Kalau boleh bercerita, waktu ane masih di duduk di bangku SMK ane pernah ikut lomba poster se provinsi DIY dalam rangka ulang tahun SMA N 1 Bantul. Nama lombanya adalah poster design competition 2011. Waktu itu temanya adalah tentang "Kartini Semangat Wanita Indonesia." Pesertanya adalah siswa SMP dan SMA se DIY. 


berikut design poster lombanya:





Ndak tahu gimana ane bisa kepikiran: "Jika temanya Kartini maka menyertakan gambar Kartini atau gambar wanita adalah hal yang umum, ane mau yang sekedar umum. Buat ane seni adalah ketika kita bisa mengekspresikan hal yang unik yang kelihatan simple tapi punya arti mendalam." Kemudian ane pun mulai membuat posternya.

Seperti yang ane duga, kebanyakan peserta menggunakan gambar ibu Kartini atau gambar wanita di posternya. Dari  keseluruhan peserta cuma dua peserta yang tidak memakai gambar wanita di posternya. Salah satunya ane. Dan Alhamdulillah qadarullah, salah satunya disebabkan ke-out of the box-an poster ane, ane menjadi juara 1di lomba poster tersebut. Yah itu adalah salah satu kenangan indah ane sebelum akhirnya ane meninggalkan Jogja untuk mencari Ma;isyah.



Oh ya buat yang mungkin penasaran dengan poster ane, berikut penampakannya:
Seperti yang ane bilang tidak ada unsur wanitanya kecuali simbol wanita dan tulisan "wanita" di poster itu. Tangan itu pun tangan ane yang ane foto pake laptop tercinta. hehehe

Oh ya, kembali ke out of the box. Tidak semua hal yang out of the box itu baik. Ada kalanya ketika kita sedang out of the box ternyata kita sedang melakukan sebuah kesalahan. Tentunya ini akan berakibat buruk bagi kita. Sebaliknya jika ke-out of the box-an kita ternyata adalah hal yang baik dan kemudian ditiru oleh orang-orang maka semoga kita mendapat kebaikan dari hal tersebut. Dengan berpikir out of the box kita juga akan berpeluang menciptakan berbagai kreasi dan inovasi yang berguna untuk manusia.

Seperti halnya Sabda Nabi:
"Barangsiapa yang memulai sunnah yang baik maka baginya pahala ia mengerjakannya dan pahala orang yang mengikutinya tanpa dikurangi sesuatu apa pun. Dan barangsiapa yang memulai keburukan maka baginya dosanya dan dosa orang yang mengikutinya tanpa dikurangi sedikit pun."

Jika ke-out of the box-an kita adalah dengan mengerjakan sunnah Nabi yang mulai ditinggalkan oleh masyarakat dengan niat ikhlas. Atau dengan berniat menebar kebaikan bagi masyarakat maka insya Allah pahala buat kita. Sebaliknya jika kita malah out of the box dengan menyebarkan dan mencontohkan sesuatu yang buruk kepada masyarakat maka kita akan mendapat MLM dosa. Na'udzubillah

Semoga kita bisa menjadi muslim yang membawa manfaat bagi semua. Aamiin ya Rabbal 'alaamiin.

Wallaahuta'ala a'lam bila ada kesalahan silakan dikoreksi dengan mengirim pesan atau berkomentar.

Artikel terkait lain dengan



0 Reaksi Pembaca:

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Entri Populer