Mari Berkarya, Mari Bercerita


Berkarya untuk kehidupan. Bercerita untuk menghidupkan

Pada artikel saya yang lalu yang berjudul ‘5 Alasan Bangga dengan Bahasa Indonesia’ saya dapati sebuah komentar unik yang membuat saya penasaran. Komentar tersebut berasal dari sobat blogger, jamer serta facebook saya, Bayu Sutrisno. Dalam komentarnya, ia menulis jika bahasa Indonesia adalah bahasa ketiga tersulit di dunia. Komentar ini pun menimbulkan minat saya untuk menelisik lebih jauh, apakah benar bahasa Indonesia adalah bahasa ketiga tersulit di dunia? Dari pencarian saya di mesin pencari paling terkenal Google, saya menemukan babarapa Informasi penting mengenai posisi dan peran bahasa Indonesia di mata dunia dan Internet. Berikut informasi yang saya dapatkan:

  • Bahasa Indonesia dipelajari oleh 45 Negara di dunia.

Berita ini ditulis oleh www.kompas.com .Rabu, 29 Oktober 2008.

Isi berita Ini menegaskan jika bahasa Indonesia kini mulai dipelajari oleh 45 negara di dunia. Menurut Andri Hadi, negara yang mempelajari bahasa tersebut di antaranya adalah: Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya. Ia menjelaskan jika bahasa Indonesia menjadi bahasa popular keempat di Australia. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia di sana. Bahkan anak-anak murid kelas 6 sekolah dasar di sana sudah mahir berbahasa Indonesia.

Jika ingin membaca lebih lengkap beritanya, klik di sini.

  • Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh.

Berita ini ditulis oleh www.kompas.com . Jumat, 12 Juni 2009

Ho Chi Minh adalah ibukota negara Vietnam. Menurut seorang diplomat Indonesia. Pada bulan Desember 2007 Pemerintah Daerah Kota Ho Chi Minh, Vietnam, secara resmi mengumumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh.Selain itu Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City untuk periode 2007-2008, Irdamis Ahmad di Jakarta mengatakan, "Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan,"

Salah satu penyebab bahasa Indonesia begitu diminati oleh bangsa Vietnam antara lain karena kemungkinan meningkatnya hubungan bilateral antara Indonesia dengan Vietnam di masa depan.

Jika ingin membaca lebih lengkap beritanya, klik di sini.

  • Wikipedia bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke 26 di dunia.

Berita ini ditulis oleh http://www.antara.co.id. Selasa, 20 November 2007

Dikutip dari web tersebut: "Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia. Sedangkan di tingkat Asia kita berada di peringkat tiga, setelah Jepang dan Mandarin,"

Jika ingin membaca lebih lengkap beritanya, klik di sini.

  • Bahasa Indonesia bahasa ketiga yang paling banyak digunakan pada wordpress.

Artikel ini ditulis oleh http://amriltgobel.multiply.com pada 17 Januari 2009

Penulis blog ini adalah salah satu pengguna multiply yang pernah mengikuti acara Wordcamp Indonesia. acara ini sebelumnya pernah diselenggarakan di Filipina dan Thailand.

Dikutip dari blog tersebut, “fakta bahwa setelah Spanyol, Bahasa Indonesia adalah Bahasa yang menempati urutan ketiga yang paling banyak digunakan dalam posting-posting Wordpress. Indonesia pun adalah negara kedua terbesar di dunia yang pertumbuhannya paling cepat dalam penggunaan engine blog itu. Dalam 6 bulan terakhir tercatat 143.108 pengguna baru Wordpress dari Indonesia dan telah ada 117.601.633 kunjungan melalui 40 kota di Indonesia.”

Jika ingin membaca lebih lengkap beritanya, klik di sini.

Itu tadi beberapa fakta akan keberadaan bahasa Indonesia di Internet dan Dunia. Saya harap dengan bukti ini bangsa Indonesia menjadi lebih cinta dengan bahasa Indonesia.

Lantas, bagaimana dengan pernyataan saudara Bayu Sutrisno mengenai bahasa Indonesia adalah bahasa tersulit ke tiga di dunia? Untuk berita ini belum saya dapatkan kebenarannya, namun salah seorang peserta forum (http://suikoindo.9.forumer.com/a/language_post681-30.html) , animegic mengatakan bahwa menurut penelitian lembaga bahasa di dunia, dilihat dari segi gramatikal dan kompleksitivitasnya bahasa-bahasa yang dianggap sangat sulit di dunia adalah

  1. bahasa ibrani (bahasa kaum Yahudi)
  2. bahasa yunani
  3. bahasa latin
  4. bahasa jepang
  5. bahas korea

sementara bahasa indonesia secara mengejutkan menempati bahasa tersulit ke 15 di dunia, diakibatkan terlalu banyaknya partikel dan pengindahan tata aturan bahasa.

Namun sumber tersebut belum pasti karena hanya diungkap melalui forum, meski begitu terlepas dari benar tidaknya bahasa Indonesia sebagai bahasa tersulit kelimabelas atau pun bahasa tersulit ketiga di dunia, sebagai warga Negara Indonesia yang baik hendaknya kita junjung bahasa tersebut, kita lestarikan bahasa Indonesia meski ancaman kebudayaan asing semakin besar. Mari bersama penuhi sumpah pemuda. Semoga bahasa Indonesia semakin jaya. Amin.

Demikian sedikit informasi dari saya, jika ada tanggapan, kritik, saran atau usulan materi selanjutnya silahkan ditulis di kolom komentar di bawah ini, mohon maaf apabila ada kesalahan dan terima kasih. Satu lagi terima kasih kepada Bayu Sutrisno karena telah menginspirasi artikel ini.

Artikel terkait lain dengan



56 Reaksi Pembaca:

wuih!!
jadi makin bangga sama bahasa Indonesia!! ternyata bahasa kita keberadaannya terakui juga di dunia. mantap dah! ^^b
semangad ya Shid! terus aja bikin postingan yang memperdalam kebanggaan bangsa Indonesia kayak gini..
(jah bahasanya, wkwkwk) :D

Sebagai Warga Negara yang Baik. kita harus bangga dengan kekayaan negara kita. Terimakasih atas komentar dari YAK

Semangat yow....supaya bahasa indonesia tetap maju dan tetep jaya sepanjang masa.....dan jangan lupa terus berkarya...........

Ya, cintailah bahasa sendiri karena siapa lagi yang mencintainya kalau bukan penduduknya sendiri. Lagian, bahasa Indonesia itu unik kok.

wah.
akhirnya di ungkap juga.
thanks mas shidiq atas penelusuranya.
semoga sukses.
hhee...
satu lagi fakta
(tapi bener tao ga)
dalam UAN SMP/SMA nilai bahasa indonesia tidak pernah menduduki nilai 100.

ia sama sama.
semakin berbahasa indonesia yang baik ya.
kalo bisa bikin kamus Ejaan yang di sempurnakan

Mantap sob artikelnya..semoga kita bukan hanya bangga atas bahasa kita..tapi juga atas kehebatan bangsa kita yg lebih maju terutama dalam hal ilmu pengetahuan teknologi..

wah...
jadi tambah bangga nih...
semoga aja segera menjadi bahasa internasional...
he...

Gue setuju kalo bhs indonesia adalah bhs yang sulit...
abis wktu sekolah dapat nilai 6 trus di bhs indonesia..hikz

A....Z huruf universal tapi kalau huruf cina, india, thailand simbol hurufnya non universal ...... simbol huruf bahasa Indonesia masih bisa dibaca oleh yang namanya manusia walaupun tidak tahu artinya......

Artikel yang bagus. Menambha informasi dan pengetahuan kepada para blogger dan pengunjung lainnya. Sayangnya kok ada dead link ya?? misalnya seperti yang tampak pada paragraf: "Bahasa Indonesia dipelajari oleh 45 Negara di dunia." link terkait alamatnya:

file:///D:/PROJECT/bahasa%20indonesia/Bahasa.Indonesia.Diajarkan.di.45.Negara.htm

Itu kan link file lokal di harddisk sampean..
Mohon koreksinya..

Safril Adi Husada
http://safril.wordpress.com

Aku heran, siapa yang bilang Bahasa Indonesia susah dipelajari? bahkan dianggap tersusah no.3 menurut judulnya. Padahal diurutan ke-3 ditempati oleh Bahasa Latin. Bahasa Indonesia hanya butuh penalaran yang waras dan wajar. Tidak ada kesulitan apapun seperti membolak-balik istilah dan aturan tata bahasanya. Apa yang kita mau katakan ya begitulah kita tulis. Tidak ada esok, hari ini, atau lusa. Kata ''makan'' tidak akan berubah sampai kapanpun dan oleh siapapun yang menggunakan, apakah anak2,ortu,atau, diri sendiri.

thank's postingx, keren....
jaya negaraku, INDONESIA RAYA................

@ Safril

Aduh maaf ya. karena kurang teliti jadi salah link yang dimasukan. Terima kasih atas koreksinya. Jadi malu..

@Adis

Tidak penting bahasa Indonesia menduduki peringkat keberapa di dunia, yang pening adalah semangat kita sebagai bangsa Indonesia untuk melestarikannya. Terimakasih atas komentar Anda.

sidhiq,, temen gw ada tuh yang bahasa indo nya -nek aku ra lali- dapet 10 pas UNAS SMP duluuu...


heheheheh


eh. eh..

diq, kapan kau mau ajari corel hemm?

dari segi pronounciation, bahasa tersulit adalah bahasa aceh.. mungkin..

Wow..
Semoga saja itu tidak membuat Kita patah semangat..
hehehe.. :D

berarti tidak perlu ada kekhawatiran bahwa Bahasa Indonesia akan punah yach....

karena walaupun disini berkembang bahasa prokem, tokh orang2 luar negeri tetap mempelajari Bahasa Indonesia yang baik dan benar.....

Tapi jangan lalai. malu dong kalau Orang Indonesia tapi kalah berbahasa Indoensia dengan bangsa asng

nice artikel.. banyak kenyataan bahwa bahasa Indonesia telah diterima di berbagai negara seperti yang dijelaskan diartikel diatas membuat saya tambah bangga sebagai warga Indonesia.. apalagi pada poin ke-1 dan ke-2 .. saya ga nyangka bahwa bahasa Indonesia dijadikan bahasa ke dua di vitenam..Salute..

terima kasih ya postingannya.. jadi nambah pengetahuan..

ia emang sulit, buktinya UAS kemari MaPel B. Indonesia aku cuma dapet 62 kalah gede sama English..wkwkwkwk...

Satu nusa, Satu Bangsa Satu Bahasa kita, kita bela bersama . Aku Cinta Bahasa Indonesia

aduh keren banget artikelnya.....

kita bisa karna biasa betul2...

alhamdulllah saya setelah membaca artikel ini jadi lebih bangga dengan indonesia...

kalian tau ga sobat ktanya tahun 2035 indonesia akan mencapai keemasannya lho...

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Entri Populer