Mari Berkarya, Mari Bercerita


Berkarya untuk kehidupan. Bercerita untuk menghidupkan

Bahasa Indonesia adalah bahasanya warga Negara Indonesia. Karena itu wajib hukumnya bagi warga Negara Indonesia untuk merawat dan melestarikannya. Tidak hanya dipakai dalam menyusun naskah pidato atau naskah undang-undang saja namun seharusnya bahasa Indonesia dipakai dalam segala hal oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Dewasa ini, bahasa Indonesia mulai ditinggalkan si empunya. Maraknya bahasa gaul atau bahasa modern yang kini menyebar luas di kalangan pemuda-pemudi Indonesia tampaknya telah menggeser kedudukan bahasa Indonesia di mata mereka. Kini mereka tidak lagi bersemangat untuk mempelajari bahasa nasional kita seperti halnya semangat pemuda sebelum kemerdekaan. Dahulu, pemuda-dan pemudi Indonesia begitu kerasnya berjuang mempersatukan Indonesia hingga pada akhirnya tercetuslah sumpah yang sangat terkenal yakni sumpah pemuda. Isi sumpah tersebut di antaranya adalah seluruh pemuda Indonesia bersumpah untuk menjunjung suatu bahasa yang akan mempersatukan bangsa Indonesia, bahasa yang akan menjadi bahasa seluruh warga Negara Indonesia, bahasa Indonesia.

Oleh karena itu, saya akan mencoba untuk memberikan motivasi dan alasan bagi seluruh warga Indonesia untuk kembali mencintai dan bangga akan bahasa Indonesia. Motivasi dan alasan tersebut ada lima yakni:

  1. Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu.

Fakta sejarah mengatakan jika bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu Riau. (Baca di sini) yang mana menurut Jan Huygen Van linschoten dalam bukunya Itinerario disebutkan bahwa bahasa Melayu terkenal sebagai bahasa yang paling sopan dan paling pas di kawasan timur. Maka dari itu, meski bahasa Indonesia kini sudah berbeda dari bahasa melayu dulu, namun kita harus bangga karena bahasa kita dahulu adalah bahasa mulia dan hingga kini masih merupakan bahasa yang mulia serta selayaknya kita jaga dan tingkatkan kemuliaannya dengan merawat dan melestarikannya

  1. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang mudah.

Bahasa Indonesia adalah bahasa yang berbeda dari bahasa lain di dunia. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang mudah karena bahasa ini tidak memiliki tingkatan kata atau pun kalimat. Maksudnya walau pun kejadian tersebut terjadi kemarin, sekarang atau pun besok, kata yang dipergunakan tetap sama.

Contoh:
Kemarin : Ayah membeli jeruk kemarin sore
Sekarang: Ayah membeli jeruk saat ini.

Bandingkan dengan bahasa Inggris berikut dan lihat tulisan yang bercetak tebal,

Kemarin : Yesterday my father bought some oranges.
Sekarang: My father buy some oranges.

Selain itu jumlah benda pun tak mempengaruhi kata yang diterangkan.

Contoh :
satu apel --> an apple
dua apel --> two apples

  1. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang unik.

Meski bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu namun bahasa Indonesia kini telah berbeda dari bahasa Melayu, baik dari susunan kata atau fungsi kata. Contohnya adalah pada kasus Manohara yang tengah hangat akhir-akhir ini. Jika Anda simak dialog antara warga Negara Indonesia dengan warga Negara Malaysia di televisi, maka akan Anda temukan beberapa penggunaan kata yang berbeda seperti kata ‘boleh’, ‘bisa’ dan sebagainya. Dengan kata lain, bahasa Indonesia adalah bahasa yang hanya ada satu-satunya di dunia. Satu-satunya bahasa yang menjadi identitas warga Negara Indonesia.

  1. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang sangat kaya.

Pada mulanya bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu dan bahasa Melayu pada mulanya adalah bahasa pasar. Bahasa pasar tercipta dari gabungan bahasa-bahasa pedagang dari seluruh penjuru dunia yang dulu singgah di Melayu. Kemudian bahasa tersebut berkembang pesat kosa katanya dan pada akhirnya terbentuk bahasa yang paling terkenal dari wilayah timur yaitu bahasa Melayu.

Oleh bangsa Indonesia, bahasa melayu kemudian dijadikan pondasi awal untuk membentuk bahasa baru dengan proses yang tidak sebentar. Proses tersebut di antaranya adalah penambahan kosakata baru baik diserap dari bahasa asing maupun dari bahasa daerah. Hingga pada akhirnya ejaannya disempurnakan. Namun proses penyerapan kata tidak terputus hingga sekarang ini.

Karena pada awalnya bahasa Indonesia adalah bentukan dari bahasa pedagang dari seluruh penjuru dunia, maka bahasa Indonesia memiliki ribuan kata yang diserap dari bahasa beberapa bangsa di dunia. Proses tersebut menjadikan bahasa Indonesia menjadi bahasa yang kaya. Lihat kosakatanya di sidebar samping artikel ini

  1. Bahasa Indonesia mulai dipelajari bangsa lain.

Bahasa Indonesia ternyata tidak hanya dipelajari oleh bangsa Indonesia saja. Bahasa Indonesia sendiri kini tengah dipelajari oleh warga Negara di Australia. (Untuk lebih lengkapnya baca beritanya di sini). Alasan warga Negara Australia mempelajari bahasa Indonesia adalah karena mereka tertarik dengan budaya bangsa Indonesia dan ingin memperdalam pengetahuan akan Indoensia dengan mempelajari bahasa Indonesia. Sungguh membanggakan, bahasa kita ternyata dikagumi bangsa selain bangsa Indonesia. Dengan begini bukan mustahil jika bahasa Indonesia kelak mampu menjadi bahasa Internasional menggantikan bahasa Inggris.

Sekarang tugas kita selanjutnya adalah mempertahankan, merawat serta melestarikan bahasa kita agar tidak hilang ditelan zaman.

Demikian tadi sedikit ulasan kebahasaan, jika ada tanggapan, saran, kritik atau alasan lain bagi kita agar bangga berbahasa Indonesia, jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar di bawah artikel ini. Sekian dari saya dan terima kasih.



Artikel terkait lain dengan



22 Reaksi Pembaca:

Bahasa indonesia adalah bahasa tersulit k3 di dunia.
however kita bangga sukses artikelnya keren

bahasa indonesia kreennn tp tak ada salahnya mempelajari bahasa lain dengan begitu kita kan sudah memperkaya diri dengan ilmu...

Belajar bahasa lain merupakan suatu kebanggaan namun alangkah bangganya jika bahasa sendiri mampu dipelajari orang lain...

bahasa indonesia bahasa pemersatu negara...
bahasa indonesia bahasaku.

waw, keren Shid!
bahasa Indonesia memang bahasa yang mudah. sederhana, nggak macem-macem. kalo nyebut 'aku' ya aku. ga berubah2 kayak i, me, mine, my.
simpel!
oke dah!!

Yuk, gunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, khususnya dalam sebuah tulisan....

yg sudah saya rasakan sih bahasa Indonesia jg bahasa pemersatu antar suku,buktinya saya dpt istri lain pulau..hehe

Iya Juga Ya......


Tapi Yang Gw Aneh Kok Kalo Ujian B.Indonesia Kenapa itu Yang Jadi Yang Paling Sulit...

saya jg bangga bahasa indonesia
sayang bhs indo bukan bhs dunia
kalo bhs dunia tanbah bangga sob

@ Rezaz

Mungkin karena pembelajaran bahasa Indonesia lebih mendalam daripada bahasa Inggris. Kalau diperhatikan tingkatan bahasa inggris di SMA sama dengan tingkat bahasa Indonesia di SMP ya kan.Maksudnya mulai dari menyusun kalimat, menyusun paragraf, dsb.

saya selalu bangga dengan negara Indonesia dan bahasanya, dan akan selalu bangga dan memperjuangkannya.

Tapi bahasa Inggris pun merupakan bahasa yang menarik untuk dipelajari, bahkan penting banget...

Andai bahasa Indonesia jadi bahasa internasional haha. Keep your heads up guys :) we're a great country

waw,,, thanks banget mas,, atas infonya,, sekarang saya jadi nyadar bagaimana pentingnya bahasa indonesia itu
saya bangga berbahasa indonesia
salam manis dari saya
pebrinapirmani.blogspot.com

saya sangat bangga dengan bahasa indonesia. walaupun saya tidak bisa bhasa inggris tapi saya selalu optimis. tanpa bahasa inggris pun saya bisa maju. dan jika suatu saat saya punya perusahaan. sarat uama melamar ke perusahaan saya harus bisa berbahasa indonesia dengan baik dan benar. hehehehe ngarep dot kom :)

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Entri Populer