Mari Berkarya, Mari Bercerita


Berkarya untuk kehidupan. Bercerita untuk menghidupkan

Setiap makhluk hidup memerlukan interaksi baik dengan diri sendiri, orang lain, sistem maupun lingkungan sekitarnya. Interaksi tersebut dibangun dengan kontak dan komunikasi antar obyek yang berbeda. Dalam hal berkomunikasi manusia membutuhkan bahasa sebagai media berkomunikasi. Tak akan bisa kita bayangkan jika di dunia ini tidak ada yang namanya bahasa. Bagaimana manusia hidup? Bagaimana manusia memenuhi kebutuhan hidupnya? Bagaimana manusia berpikir? Karena proses berpikir pun membutuhkan bahasa, dan sebagainya.

Bahasa terbentuk akibat dari proses pembentukan dan pengembangan kebudayaan manusia. Manusia zaman dahulu mengembangkan bahasa mulai dari bahasa paling sederhana hingga menjadi bahasa yang kompleks atau bahasa modern dengan tambahan kosa kata yang semakin beragam. Bahasa berkembang mulai dari isyarat-isyarat tubuh, bunyi-bunyi khusus hingga menjadi isyarat dan bunyi yang terstruktur.

Efek samping kebahasaan adalah budaya menulis. Kini bahasa tak hanya dipraktekan melalui gerakan dan isyarat namun bahasa dituangkan dalam kegiatan menulis. Menulis adalah suatu proses berkomunikasi dan berinteraksi kepada diri sendiri maupun antar individu yang dituangkan dalam suatu media konkret yang dikarenakan oleh suatu kondisi tertentu.

Bahasa juga membantu seseorang berpikir. Ketika berpikir, manusia berbicara pada dirinya sendiri. Ia menanyakan kepada dirinya sendiri mengenai suatu hal yang ia pikirkan. Misalnya ketika pak Karman hendak membeli apel, maka pak Karman akan berpikir dengan cara bertanya kepada dirinya sendiri; Di mana kios aple yang murah? Apakah saya harus membeli apel hijau atau apel merah? Jika terpaksa apelnya habis maka apa yang akan saya lakukan selanjutnya? dan sebagainya.

Proses berpikir tersebut terjadi dalam proses yang panjang namun dalam periode yang singkat. Jika dijabarkan maka kita akan menemukan jika ternyata untuk membeli sepasang sepatu saja akan kita tanyakan sejumlah pertanyaan di benak kita. Namun tanpa disadari ternyata proses berpikir tersebut terjadi dengan cepat bahkan dalam kondisi tertentu seseorang tak merasa berpikir sama sekali untuk memecahkan suatu masalah tertentu.


Artikel terkait lain dengan



3 Reaksi Pembaca:

Ternyata, bahasa begitu berperan ya di kehidupan...

Manusia sejatinya tidak bisa hidup tanpa bahasa...
Benar kan Sob>

Posting Komentar

TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA.

Entri Populer